Search This Blog

Friday 17 June 2016

Chapter #3 ~ sikat surabaya!!




Hellow guys, masih stay di blog gue? Gue harap pembaca-pembaca setia gue tetep ada yess. Karena kalian gue semangat buat ngetik dan berbagi informasi tentang pengalaman gue. Jadi ayo masuk lebih dalam :)


Yap, kemaren baru sampe gue dianter sampe pelabuhan. Terus gue mau nunggu kapal dari jam 6 pagi sampe sore jam 4 gitu? Syit men, itu tuh wasting time abitch (sori abis). Lalu gue coba ngide, buka peramban, cari destinasi asyik sekitaran pelabuhan, yap dapet. House of Sampoerna.

sisi serong HoS

Buka jam 8 pagi dan tutup jam? Ah gue lupa, kalo kepo bisa search aja sendiri yaa, biar ga manja banget hehe. Biasanya disingkat HoS gitu deh di surabaya, ini tuh tempat ngelinting tembakau yang udah tersohor banget namanya. Disini tergambar semua sejarah panjang perjalanan produsen rokok ini. Dari yang ngurusin orang belanda sampe yang lokal mengelola, rekomend, wajib kesini.


Disini kalian bisa ngeliat proses pengerjaan pembuatan rokok kretek yang kecepatannya luar biasa. Pecahin rekor muri deh kalo ga salah. Bayangin aja, untuk ngelinting satu batang rokok, satu ibu disana cuma butuh sekitar 6-8 detik aja. Dan disana ada sekitar 200 orangan men. Kalo mau dikali, dalam sehari, satu orang karyawan bisa buat kurang lebih 3600 batang sehari, kalo 200 orang, nah banyak kan.

KARON OUTDOOR EVERYWHERE

Oiya untuk masuk ga ada pengenaan biaya apapun loh, gretongan aja gitu masuknya. Terus makin kerennya, mereka nyediain city tour bus yang beroperasi 2x dalam sehari. Ada di jam 10 pagi dan 1 siang. Oiya, ga semua bagian dari HoS ini boleh kalian foto yak, jadi ada rambu-rambu berkunjung yang tetep harus kalian perhatiin.

  

dulunya gini warung


 

warung yang kini


produksi khusus untuk istana

Gue pas kesini ditemenin sama mba atiqoh, kenalan dari forum BPI. Mbanya welcome banget buat ngejelasin hal-hal tentang surabaya haha. Di bagian belakang, kebetulan ada tempat kecil buat aktifitas pendukung. Saat gue kesana sih ada pameran lukisan gitu deh, kece!


Semua itu bener-bener gratis lah, iya gratis. Gue cuma keluar duit buat beli es teh sisri gula batu, serebu perak haha. Sebentar ngobrol sama bapak tuanya yang jualan di depan HoS. Doi dari kalimantan, dulunya pekerja angkut barang di pelabuhan. Pengalamannya banyak banget, kuat juga pastinya, sekali angkat barang bisa 100kg. Sayangnya, ada kecelakaan gitu pas masih kerja, dan karena kerja dekat sama mesin kapal, makin lama pendengarannya berkurang. Terus dipecat gitu aja. Tegar, ga gampang putus asa, makasih pak buat pelajaran berharganya. *notes buat pemerintah : tolong lebih diperhatikan kaum buruh di Indonesia. Jangan hanya dimanfaatkan awalnya saja, sejahterakan mereka juga.


Setelah puas ngabisin waktu di HoS, gue diajak mba atiqoh nyari makanan khas surabaya. Dan pilihannya jatuh pada rawon setan, taraaaattt. Rawon ini adalah sumber dari segala rawon setan yang beredar di belahan indonesia manapun. Terkenal lah pokonya. Sebagai bukti, di tembok-tembok terbingkai rapi foto-foto dari presiden, artis, negarawan, seniman, purnawirawan, bahaha ngga segitunya sik. Pokonya membuktikan kualitasnya emang udah ada.
Masalah harga, 2 porsi rawon dengan nasi, di temani 2 bungkus kerupuk, dan dilawan dengan es jeruk plus es teh manis cuma 72ribu. Sebanding banget sama empuknya si daging, alusss. Kenyang pastinya, setelah selesai gue dianter balik ke pelabuhan, lewatin hotel bersejarah, tempat perobekan bendera belanda, jadi sisa merah putihnya aja. Masih inget sejarah kan? Hehe. Sekarang udah keren banget, meski banyak bagian yang dipugar, bentuk hotelnya tetap dipertahankan. Tau banyak kan gue, iyalah orang dikasih tau :P

Singkatnya, sampelah di pelabuhan jam 2. Mba atiqoh harus balik karena ada kerjaan. Makasih ya mba atiqoh udah ditemenin guiding hehe. Dan gue harus membakar kulit di pelabuhan karena kapal belom bisa bersandar. Leyeh-leyeh, lagi nyantai sambil dengerin musik dari hp, terus kenalan gitu sama mas dari nganjuk. Daaaannnn..... 
Sabar, ini bakal masuk session 4. Banyak kejadian gila selama dikapal. Don go eniwer, stey cun on blog tamagustaman. Al bi rek bek. Ciao :))

Y X G = KUY! :))

No comments:

Post a Comment