Search This Blog

Tuesday 19 September 2017

Chapter 6: Selamat Datang, Ende

Hola hola, niatnya mau menyelesaikan overland flores pas puasa tahun kemarin, sampai setahun malas rasanya untuk mulai.. Tapi, gue coba comeback in real. Masih ada yang nunggu chapter 6? Karena, chapter 6 baru dimulai dr ujung timur sana. 
Kota ende. Yoih, kapal akhirnya sandar di pelabuhan ende pukul 7 malam, pisah dengan teman-teman di kapal dan om serta nenek yg nerus ke kupang, sebelom pisah si nenek kasih gue sepasang anting, katanya buat anak perempuan gue nanti. Huaaa so sweet banget si nenek. Di luar pelabuhan mas gendut (panggilan buat suaminya Mba Iin) sudah melambai dengan motornya. Saling kenalan, ditanya sedikit gimana 4 hari di laut, wah pokoknya ramah banget. Jarak rumah Mba Iin dan Mas Gendut cuma 10 menit, udah sepi ternyata Ende jam segitu..
Ketika sampai dan ngobrol sama Mba Iin yg baru kenal via chat, tapi udah kaya adiknya puluhan tahun, disuruh makan, tapi disuruh nyuci baju dulu, biar nggak numpuk katanya, padahal itu baju udah gue niatin buat dibuang haha.
Makan enak sajian dari tuan rumah, sambil ngobrol buat prepare kelimutu esok pagi. Istirahat cepat, sambil mempelajari kondisi kelimutu via web dan tulisan buku dr rumah Mba Iin, dan saya pun terlelap. Subuh, solat, langsung mandi, merasa kesiangan, ternyata Mas Gendut sudah mencarikan motor sewaan dari tetangganya, ternyata si empunya motor orang Tanjung Priok, elah Jakarta again. Beliau di sini jualan nasi uduk dengan istrinya. Lumayan sekalian bekal buat di kelimutu hehe..
Langsung jalan jam set 6, melewati beberapa kampung dulu, serta hutan berjurang yang kalo warga sekitar bilang, di sini sekali longsor kita nggak bisa pergi ke mana-mana, sebelom petugas dinas dan warga sekitar yg bersihkan, bisa-bisa satu bulan, muke gile. Dan, yg paling gua inget satu tulisan informasi di salah satu tebing kayak gini, ini lokasi tempat longsor!! Lah buset udh tau sering longsor didiemin bae ampun..
Makanya, tahun 2012, mantan presiden kita, SBY, pernah kunjungan ke sini menggunakan mobil, warga asli menawarkan untuk jadi juru kemudi, tapi ditolak karena keamanan presiden oleh paspampres.
Setelahnya, para paspamres yang semobil dengan presiden muntah-muntah karena medan yg berliku haha batu sih.. Pernah 2012 gua terkesima dengan bentang alam dari tumpang ke ranu pane kaki semeru, ini bagus banget, tapi ketika lo beranjak lebih jauh, seketika putus dengan hijaunya flores, bangsat bagusnya..
Pukul 08.30 WITA gue udah sampe pintu masuk kelimutu, dingin juga padahal ga begitu tinggi.. sekitaran dihiasi bunga terompet khas dataran tinggi, cantik kayak kamu, iya kamu *gaya dodit..
Lapor diri, bayar registrasi sekalian beli emblem. Kalau nggak salah masuk itu cuma 10 ribu, emblemnya yang mahal 25 ribu, tapi kalau dihitung-hitung udah sampe sini beli dong..
Oke lanjut, dari pintu pendaftaran ke parkiran kawah itu jauh, sob, masih berkendara 1 jam, jadi kayak lo masuk pintu gunung salak terus mau ke curug-curugnya, kalau jalan kaki pegel yee.
Selama sejam itu kocak, ada yang lagi pacaran pinggir jalan, ada juga monyet turun dari pohon, tapi yang pacaran bukan monyet yak haha..
Sampai di parkiran terakhir, parkiran luas, tapi kosong, mungkin karena hari biasa dan bukan bulan turis, syukurlah nggak banyak orang, jadi bisa puas menikmati perjalanan..
Cuma ada beberapa kios yang jual snack sama minuman, serta satu bangunan untuk tourist information gitu.. Tracking dari sini buat sampai ke tiga danau cukup 25 menit saja dengan perut kurus, kalau sekarang mungkin 35 menit haha
Masih sama, kawanan monyet ekor panjang jadi teman sepanjang jalan, rerata sih minta makanan, lemparin aja sedikit yg kalian punya. Dan akhirnya alhamdulillah, gua sampai di tempat duit 5 rebuan tahun cetak jadul. Danau 3 warna. Goks, cakep banget. Saat gue di sana warnanya hijau tua, hitam sama biru gitu. Katanya, kalau danau dua yang dempet itu airnya jadi satu dan warnanya sama, masyarakat sekitar percaya akan ada hal buruk. Tapi, dari nama-nama danaunya aja udah serem banget haha.. Dan, saat itu udah ada puncaknya dengan tugu, gagah banget. Kalau ada yg tanya, bilang aja mas yogi udah pernah ke sana haha..
Terus, terus apa hayo??? Sabar dulu yaa, masukin chapter 7 aja main di kota ende sama perkenalan dan perpisahan singkat dengan Mba dan Mas Ende..
Pantengin aja blognya, share ya buat yang butuh infonya bisa komen atau kontak gue langsung. Terima kasih, ciao!

No comments:

Post a Comment