Search This Blog

Saturday 30 September 2017

KAI, Selalu di Hati, Selalu Dinanti


            Bicara tentang kereta api, tentu sangat menarik. Ini tidak terlepas dari saya pribadi yang sangat menyukai kereta api. Selain waktu tempuh yang cepat dan tepat, biaya yang dibutuhkan juga tidaklah besar.
            Dewasa ini, Kereta Api Indonesia telah mentransformasikan dirinya ke arah yang lebih baik. Tidak dapat dimungkiri Ignasius Jonan, Dirut KAI pada saat itu, berhasil mengubah dunia perkeretaapian Indonesia yang dahulu dirasa sangat tidak mungkin kini menjadi sesuatu yang sungguh jauh di luar ekspektasi.
            Jika kita menilik kembali pada zaman perkeretaapian kala itu, pastinya hanya keadaan kelam kereta api yang mampir dalam ingatan. Mulai dari bau toilet yang menyengat, pengamen yang bebas wara-wiri di dalam gerbong, lantai yang kotor, pun riuh ramai pedagang asongan mewarnai “indahnya” transportasi bernama kereta api itu. Suatu keadaan yang sangat layak disebut “neraka” dalam dunia transportasi di Indonesia kala itu. Siapa sangka beberapa tahun kemudian, Kereta Api Indonesia mampu mengubah wajahnya dengan riasan nan elok segar dipandang mata. Tak lagi ditemui pedagang asongan di sana-sini, pengamen yang datang silih berganti, bahkan kios-kios yang menjadi pemandangan “khas” ala stasiun berhasil diluluh lantak oleh Dirut KAI saat itu. Sempat terjadi beberapa drama dalam penggusuran kios-kios tersebut, tapi hasilnya kini bisa kita rasakan bersama-sama. Betapa nyaman keadaan stasiun saat ini sungguh berbanding lurus dengan keadaan pada saat itu. Demi membuat sebuah perubahan memang dibutuhkan hal-hal rumit dan penuh tantangan. Kita, bangsa Indonesia, perlahan mampu menjawab segala tantangan itu. Kini, jelas dapat kita rasakan fasilitas yang cukup baik, pelayanan yang prima dari sumber daya manusianya, serta sistem pembayaran ataupun informasi yang terus diperbaharui. Kehadiran KAI pun memberikan warna tersendiri dalam moda transportasi pilihan masyarakat kaum urban, pulau Jawa utamanya.
            Dengan melihat perubahan kereta api yang sangat signifikan dalam dunia transportasi di Indonesia dari sebelumnya yang begitu carut-marut hingga menjadi tempat yang kini begitu nyaman, tentu pengguna kereta api memiliki harapan-harapan selanjutnya pada masa depan kereta api Indonesia. Sebab, ke depannya, bukan tidak mungkin pasar transportasi berkembang lebih pesat lagi. Dari segi fasilitas, kita tentu sangat mengharapkan beberapa perubahan juga, seperti pada dokter jaga kereta, harga tiket yang tersubsidi, serta waktu tempuh yg relatif lebih singkat.
            Sebagai BUMN yang kuat, saya berharap PT KAI dapat memeperluas jarak tempuh, tidak hanya Jawa dan Sumatra, tetapi juga merambah ke Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Sebab, rasanya daerah tersebut sudah sangat layak mendapat sentuhan transportasi ini. Selain menunjang perekonomian, sektor pariwisata juga mendapatkan kebermanfaatan dari adanya kereta api ini. 
            Harapan-harapan tersebut tentunya untuk kemajuan masyarakat Indonesia. Tujuan lainnya yang juga sangat penting adalah menekan kemacetan yang teramat parah karena dipenuhi oleh sebagian besar warga yang mengunakan kendaraan pribadinya. Kereta sungguh sangat menjadi solusi terbaik dalam perkara kemacetan ini.



1 comment:

  1. I regard something truly interesting about your weblog
    so I bookmarked.

    ReplyDelete