Search This Blog

Wednesday 20 September 2017

Chapter 7: Masih tentang Flores dengan Segala Keindahan dan Keramahannya

Jeng jeng.... yuk kita masuk chapter 7
Di kelimutu itu impian gue juga yang akhirnya kesampaian, pengen banget lihat danaunya, dan setelah lihat, gue banyak merenung, Indonesia tuh nggak kurang apa-apa. Manusianya aja yang rakus, jadi, ayolah guys jadi pribadi menjaga keseluruhan Indonesia lo.
Puas jeprat-jepret dengan kondisi alam kelimutu, jam 11-an gue udah bersiap balik ke kota ende. Kali kedua lewat jalan yg sama, satu-satunya jalan provinsi dari ende ke Maumere, ya lewat sini. Gue lebih pelan, lebih menikmati perjalanan singkat ini. Tetiba cuaca berubah jadi ujan yg lumayan, tapi gue milih hujan-hujanan, kapan lagi mandi hujan di sini haha..
Banyak yg jadi perhatian gue, mereka rerata bikin rumah ibadah berdekatan, ya walau banyakan gereja, tapi lo ga susah kok buat cari masjid. Jarak per kampung lumayan jauh, bisa 30 menit baru bisa menemukan rumah lagi, jalanannya juga lebih bagus di sana ketimbang Bekasi atau Cileungsi haha..
Dan, nggak berasa udah sampe kota ende lagi, minggir ke kota campur daerah pesisir, langsung berubah jadi panas terik matahari. Solat dzuhur bentar di masjid yang lumayan gede. Setelah itu, gue langsung eksplor kota kecil bersejarah ini. Kota kecil yang welcome banget sama suku Jawa, bukan rasis yaa. Tapi, menurut mba Iin, karena mereka merasa berterima kasih pernah kedatangan presiden pertama yang akhirnya bisa memerdekakan negara ini. Kurang lebih gitu deh..
Terus apa aja nih yg menarik dari kota seluas km2? 3 hari jalan kaki juga udah bisa jelajahin semua di sini, tapi berhubung cuma punya waktu setengah hari, gue nggak mau rugi hehe..
Lalu, gue keinget Mas Ryan temen di kapal, dia mau nemenin gue, dan langsung aja gue kontak, sekalian nanya rumahnya hehe..
Ga butuh waktu lama, ketemu lagi dengan Mas Ryan, doi lagi masak ikan. Kelar jadi chef, gue culik bentar hehe. Destinasi pertama adalah rumah pengasingan bung karno, pasti kudu. Gue memang bukan anak sejarah, niatnya mau tanya banyak sama guide, tapi ternyata ga ada di sini. Mereka ngebuka rumah ini trus nggak ada yang jaga, free gitu aja. Jadi, kalo mau masuk tinggal masuk, tapi barang di sini dijaga sama mereka. Ga ada yg hilang atau rusak, luar biasa.
Rumahnya lumayan gede, ada 3 kamar kalo ga salah, dapur sama kamar mandinya dibuat bersebelahan di bagian belakang, dekat dengan sumur. Bagian depan kalian pernah liat pasti yaa, ada pohon ketapang yg khas sama plangnya. Abadikan dikit, yuk pindah ke taman perenungannya.
Jaraknya nggak begitu jauh, mungkin 1 km, nggak macet, tapi tertib berlalu lintasnya. Kayak di Jogja deh, sepi aja ga ada yg nerobos haha. 5 menit sampe, parkirannya cuma di ujung pintu masuk, untuk ke dalam jalan kaki karena jarak yang ga jauh gue iseng nanya sama Mas Ryan, bung karno dari rumah ke sini naek onthel apa jalan kaki? Eh beliau ketawa haha *padahalbenerannanya
Posisi patungnya di tengah kolam, duduk gagah banget menghadap laut hindia. Karena, memang lurus di hadapannya dermaga perikanan. Ada terminal di barat laut beliau, kalo samping persis ada lapangan yang jadi lapangan utama penduduk di sini ngadain acara, jadi titik 0 km juga. Lebih lama di sini sampe agak sore sambil minum es cincau, ahh nampak tiada nestapa hidup di kota kecil ini.
Setelahnya, saya mau liat pantai perikanannya, ga bau tapi agak hitam, karang tajam yg menghiasi pantainya. Untuk terminalnya juga kurang terawat, mungkin karena sedikitnya aktivitas di sini.
Next, mungkin jadi spot terakhir tugu pancasila, dekat sama bandara. Lengkap kan? Darat sabi, laut sabi, sampe udara juga sabi, cuma emang semua serba jarang aja waktunya.
Tugunya pas di simpang 5, jadi kalo mau ke arah Maumere pastikan kalian lihat yak.
Udah cukup sore, gue bergegas minta temenin beli tiket travel, untuk besok pagi lanjut ke Bajawa. Harga tiket travel 110 ribu.
Oiya, untuk kendaraan umum di sini hanya berangkat sekali dari Maumere, bukan Larantuka. Sehari angkot hanya jalan satu kali, dari Maumere jam 6 pagi, sampe Ende 10 pagi, sampe Bajawa jam 2 siang, sampe Ruteng jam 6 sore, dan sampe Labuan Bajo 10 malam, ini bukan dipas-pasin 4 jam yaa, tapi emang gitu jarak tempuhnya..
Lepas beli tiket, saya pulang dengan Mas Ryan, bertemu dengan ortunya, yang lagi-lagi sangat welcome, sampai-sampai saya disuruh nginep di rumahnya. Wah, nanti jika saya main ke Ende lagi suatu saat ya mama. Huaaa agak punya soul tambahan di sini, Mas Ryan tahu-tahu bilang, saya senang sekali kenal Mas Yogi, mau mengenal Ende jauh dari Jakarta. Awesome.
Saya balik ke rumah Mba Iin, cuma bisa bawa jajanan sedikit, tapi balasannya makanan berlipat" haha..
Keluarga kecil ini sangat traveller abis, mereka welcome dengan semua backpacker, rumah singgah Ende mungkin hehe. Mas Endut Jawa Blitar seinget saya, wirausaha fotokopi, dan Mba Iin dulunya dosen USU, asli medan dia..
Ah lapangkanlah rezeki orang-orang baik ini semua. Aamiin.
Istirahat sambil packing sambil cerita perjalanan seharian. Temaram bulan mengantarkan saya ke peraduan, selamat malam Ende..

No comments:

Post a Comment